Saat ini yang sedang marak di dunia usaha baik itu usaha kecil, menengah
maupun besar yang berlomba-lomba untuk membuat toko online. Banyak
perusahaan yang sudah menggunakan strategi ini sebagai salah satu
senjata utama untuk pemasaran produk mereka. Mereka meyakini bahwa
startegi pemasaran melalui toko online adalah strategi yang jitu dan
prospektif karena jumlah orang yang mengakses internet semakin hari
semakin bertambah dan menunjukkan gejala peningkatan pemakain yang
signifikan.
Hal ini membuat perusahan baik mikro maupun makro memanfaatkannya untuk
meningkatkan peluang bisnis mereka mendapatkan konsumen. Lalu yang
jadi pertanyaan apa itu toko online?
Kita lihat dari suku katanya yaitu terdiri 2 kata “toko” dan kata
“online”. Menurut wikipedia bahwa toko adalah Sebuah tempat tertutup
yang di dalamnya terjadi kegiatan perdagangan dengan jenis benda atau
barang yang khusus, misalnya toko buku, toko buah, dan sebagainya.
Kalau menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah toko berarti sebuah
tempat permanen untuk menjual barang-barang (baju, makanan dan
sebagainya).
Sedangkan dalam dunia IT mendefinisikan online sebagai terhubung,
terkoneksi, aktif dan siap untuk operasi, dapat berkomunikasi dengan
atau dikontrol oleh komputer. Selain itu bisa juga menurut Kamus Besar
Bahasa Indonesia online artinya dalam jaringan atau disingkat daring.
Jadi kesimpulannya, toko online adalah suatu tempat dimana kita dapat
menjual produk dan pembeli dapat memesan produk sehingga terjadi
transaksi jual-beli yang dilakukan melalui komputeryang terhubung dan
terkoneksi dengan internet.
Apa saja kelebihan toko on line hingga banyak yang menggunakannya sebagai tempat usaha:
1. Memberikan kemudahan bila ada calon pembeli yang ingin mengetahui
informasi tentang produk yang kita tawarkan. Calon pembeli akan lebih
leluasa memilih dan mencari produk yang mereka inginkan. Mereka tidak
perlu bedesak-desakan dengan pembeli lain karena toko on line dapat
diakses bersama-sama.
2. Biaya pembuatan toko on line tidak sebesar pembuatan toko secara
fisik. Jadi, secara ekonomi lebih hemat biaya. Selain itu tidak
diperlukan lagi biaya untuk keperluan tambahan seperti kebesihan,
keamanan dan sebagainya yang berkaitan dengan keperluan fisik.
3. Kita tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mengawasi toko on
line atau tidak perlu menyewa seseorang untuk menjaga toko online kita.
Kenapa demikian? karena melalui toko on line, kita dapat memasang
informasi tentang produk kita secara otomatis bahkan pemesanan juga
otomatis.
4. transaksi pembelian bisa melalui pemesanan dan negoisasi bisa
dilakukan melalui contact person, email, jejaring sosial atau chat.
Dengan begitu lebih cepat dan praktis serta menghemat waktu. Dimanapun
kita atau pembeli berada, kita bisa melakukan komunikasi dengan cepat
dan mudah.
5. Melalui toko online, produk kita bisa menjangkau daerah-daerah yang
lebih luas dan calon pembeli dapat mengaksesnya kapan saja karena toko
online akan aktif selama 24 jam. Ini memberikan peluang kita untuk
memperkenalkan produk kita ke beberapa tempat dan makin banyak calon
pembeli yang dapat kita saring.
6. Kita tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk promosi menggunakan
cara-cara lama seperti brosur, pamflet atau pasang iklan di
pinggir-pinggir jalan. Toko online secara tidak langsung sudah menjadi
bagian dari promosi. Selain itu ruang lingkup promosi kita juga lebih
luas, kita bisa hubungkan dengan jejaring sosial milik kita maupun
maupun forum-forum atau bisa juga bergabung dengan komunitas yang sesuai
dengan produk yang kita tawarkan.
7. Dalam tokoon line kita bisa menampilakan isi dari toko online kita
dengan dukungan fasilitas multimedia seperti gambar, video, atau
slide.Selain itu ada juga fasilitas pendukung misalnya kita bisa
mengetahui berapa banyak jumlah pengunjung setiap hari, kita juga bisa
menyediakan tempat untuk komentar pengunjung, kita juga bisa menampilkan
produk terkini dan masih banyak lagi.
Dengan keunggulan-keunggulan yang dimiliki toko online, tentunya ini
menambah presentase kemungkinan dalam perkembangan usaha kita. Ada
peluang terbuka lebar yang amat sayang bila kita lewatkan. Untuk itu
mulailah dari sekarang untuk mempertimbangkan membuka usaha atau toko
melalui intrenet atau kita sebut dengan toko online.
Referensi:
http://tokokomputer.nafiricomputer.com/tag/toko-online/
http://kiattokoonline.livejournal.com/3009.html
www.sosbok.com/Technology/Pengertian_Toko_Online-2/related_links
0 komentar:
Posting Komentar